Monday, November 16, 2015

Jokowi Digugat ke PN Jakpus karena Kabut Asap

JAKARTA – Kabut asap akibat kebakaran hutan kini mulai menipis, tepatnya sejak dimulainya musim hujan pada pekan lalu. Namun, pemerintah dinilai masih harus bertanggung jawab atas imbas bencana asap itu.

Ribuan orang, termasuk anak-anak, terkena penyakit ISPA usai menghirup asap. Bahkan, sejumlah warga tewas akibat bencana asap tersebut.

Oleh karena itu, sejumlah advokat menggugat Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Gugatan itu dilayangkan oleh Ricky K Margono, David Surya, Hendro Sismoyo, Lendry S Martio, Hendry A, Pongrekun, dan Christophorus Taufik.

Informasi yang diterima Okezone, Senin (9/11/2015), gugatan dilayangkan pada Kamis 5 November. Para penggugat kini sedang menunggu persidangan diagendakan.

Salah satu gugatan mereka yakni meminta PN Jakpus menyatakan Presiden, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Hukum dan HAM, serta Menteri Kesehatan bersalah karena gagal memberikan kehidupan yang layak bagi masyarakat, yakni tidak bisa menyediakan udara yang layak untuk kesehatan.

Selain itu, para advokat juga mendesak pemerintah melakukan langkah-langkah konkret untuk pencegahan dan penanggulangan bencana kabut asap di Indonesia di masa yang akan datang. Sebab, kejadian seperti ini sudah terjadi berulang-ulang.

Kemudian, pemerintah juga mesti membongkar identitas perusahaan asing yang menjadi pelaku pembakaran lahan gambut dan hutan.

0 comments:

Post a Comment